tips dan trik menghadapi serta mengerjakan laporan praktikum yang menumpuk

Posted by Unknown Sabtu, 29 Juni 2013 1 komentar
Jika sebelumnya saya telah memberikan sedikit tentang tips dan trik bagaimana cara menjadi sosok seorang mahasiswa yang rajin selama kuliah, maka dalam postingan kali ini saya juga kan memberikan sedikit pula tips dan trik bagaimana menyusun strategi untuk menghadapi dan mengerjakan setiap laporan praktikum yang menumpuk bagi kawan kawan.

     Kuliah di jurusan eksakta, sudah pasti anda akan di sibukan dengan berbagai tugas dari dosen baik yang individu maupun kelompok, belum lagi kegiatan organisasi kampus yang anda ikuti, terlebih kewajiban anda sebagai seorang mahasiswa eksakta yaitu dengan mengikuti dan menjalankan setiap acara praktikum yang ada. 

        Capek, lelah dan jenuh itulah yang mungkin di rasakan sebagaian besar mahasiswa eksakta. Tips trik kali ini saya akan membahas tentang betapa sibuknya menjadi seorang mahasiswa fakultas pertanian program studi agroteknologi unsoed yang dalam setiap semesternya sudah pasti ada cara praktikum yang menyita tenaga waktu dan fikiran. Namun semua itu di lakukan semata mata agar kelak kita mampu menjadi mahasiswa yang aplikatif bukan sekedar teoritf yang berpaku pada teksbook belaka.  

        Bagi sebagian para mahasiswa, menjalani serangkaian acara praktikum adalah melelahkan, tapi kelelahan tersebut jangan di jadikan sebagai sebab kita menjadi down, tapi karna ini lebih ke fungsi dan  tanggung jawab kita sebagai mahasiswa eksakta.  Jadi sudah seharusnya setiap praktikum yang ada kita hadapi dengan senyum dan dengan rasa antusiasme yang tinggi.  

        Berbicara tentang praktikum, ini bukan hal yang biasa, karna bagi saya sendiri praktikum adalah sesuatu yang sangat mengasyikan dan mengesankan. Betapa tidak, dalam setiap praktikum slalu di suguhkan dengan hal hal yang baru yang belum pernah kita ketahui dan coba sebelumnya. Praktikum ini juga merupakan hal menarik,  yang seharusnya kita ikuti dengan penuh khikmad. 
        Namun yang membuat praktikum ini menjadi tidak menarik dan justru menjadikan  momok bagi para mahasiswa adalah bukan karena acara praktikumnya, akan tetapi laporan segudang yang slalu menyisahkan tugas berat di akhir acara. Laporan praktikum ini biasanya datang secara bertubi tubi, sehingga membuat sebagian mahasiswa menjadi gusar dan stress berat,. Hehe tapi jauh dari itu jika kita mampu menerapkan konsep manajeman waktu yang baik, mungkin kita tak akan terjangkit pnyakit stress dan gusar.
Di bawah ini akan saya berikan tips dan triks menghadapi serta mengerjakan laporan praktikum yang menumpuk banyak :
      1. Laporan praktikum biasanya di berikan waktu pengerjaan selama kurang lebih dua mingguan. Nah di sini manfaatkalah waktu dua minggu itu untuk mengerjakan tahap demi tahap laporan yang anda buat. Istilahanya cicilah dikit dikit lama lama nanti juga pasti akan menjadi bukit.
   2.Tanamkanlah komitment yang tinggi dalam diri anda dalam mnegerjakan laporan praktikum, karena komitment ini adalah hal yang penting. Orang yang tak punya komitment dalam hidupnya akan menjadi orang yang plin plan dan mudah terombang ambing, seperti halnya anda dalam mengerjakan laporan praktikum, jika dalam diri anda tidak tertanam komitment yang kuat, laporan adan pun akan kececeran namun jika komitment tersebut teratanam kuat, insya’allah laporan segudang anda akan selesai tepat dalam waktunya.
        3.  Usahakan dalam mengerjakan laporan dengan mematikan alat elektronik yang anda punya, termasuk handphone, laptop, gadget maupun yang lainya yang dapat membuat kinerja anda dalam menyusun laporan menjadi tidak fokus dan kabur.
    4.Carilah bahan bahan sebelum anda membuat laporan. Karena ketersediaan bahan dalam penyusunan laporan anda menjadi sangat penting. Anda akan kesusahan dalam mengerjakan laporan jika bahan yang anda punya minim. Dalam kasus ini anda bisa membuat inisistif dengan mencari bahan bahan laporan sebelum anda menyusunya. Bisa minjam buku ke perpustakaan, maupun searching di internet tentang topik laporan yang akan anda buat.
    5.Dalam mengerjakan laporan praktikum pastilah membutuhkan energi. Jadi sebelum anda memulai dan mengerjakan laporan praktikum, maka istirahatlah terlebih dahulu, karena nantinya stamina dan fisik anda akan di gunakan secara total dalam mengerjakan tumpukan laporan praktikum anda. 
      6.  Mengerkan laporan itu ibarat kita mencintai seseorang, maka kerjakan dan cintailah laporan anda dengan setulus hati. Insya’allah laporan anda akan selesai tepat waktu.
   7.Dan yang terakhir jangan pernah menanamkan dalam diri anda prinsip menunda nunda waktu. Ah ntar aja ah toh masih lama, masih punya banyak waktu, bisalah,, di kerjakan nanti aja. Itu adalah suatu hal yang patut anda hindari. Menunda setiap tugas yang ada, berarti anda secara tidak langusng menambah beban anda di kemudian hari. Maka lakukanlah apa yang ada, walaupun kecil insya’allah bermanfaat dan dapat meringkan beban tugas anda.
        Okeh, mungkin cukup sampai di situ tips dan trik menghadapi serta mengerjakan laporan yang menumpuk dan datang silih berganti. Semoga apa yang saya telah tuliskan di atas bermanfaat bagi kawan kawan. Tulisan ini semata mata karena subjektivitas pemilik blog ini terhadap pengalaman yang telah di lakukan.  Dan besar harapan kalian yang membaca tulisan ini mampu mengaplikasikan apa yang telah saya tuliskan di atas bukan hanya sekedar membaca tapi tak ada follow upnya. Hehe
Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan nan sederhana ini, tulisan yang masih amburadul dan berantakan ini. Maklum setiap proses yang ada harus di barengi dengan kata belajar. Semangat !!!
JUST SHARE ^_^
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN
Judul: tips dan trik menghadapi serta mengerjakan laporan praktikum yang menumpuk
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga tulisan ini bermanfaat kawan. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://azizyoungfarmer.blogspot.com/2013/06/tips-dan-trik-menghadapi-serta.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

E..dua Minggu, dua hari deadline!! 4 hari praktikum terus plus lapraknya. So kuliah 5 hari garap lapraknya gak cukup 7 hari. Andai sehari 40 jam 😭

Posting Komentar

Visited

Copyright © 2013 Aziz young farmer ( Muhammad Aziz Muslim ) Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed. Diberdayakan oleh Blogger.