Macam dan Jenis jenis sistem pola tanam

Posted by Unknown Senin, 20 Mei 2013 0 komentar
Pada penjelasan sebelumnya telah di jelaskan tentang pengertian pola tanam monokultur dan polikultur, serta pengertian pola tanam dari berbagai sumber. Sekarang saatnya di simak lebih dalam lagi tentang berbagai sistem pola tanam yang sebelumnya telah di jelaskan di atas. Pola tanam yang pertama akan saya jelaskan adalah pola tanam monokultur.


Monokultur

Dalam segi agronomi serta budidaya tanaman, Pola tanam pertanian monokultur adalah pola tanam dalam dunia pertanian dengan menanam tanaman sejenis pada suatu bidang lahan bedengan, maupun guludan. Sebagai contoh adalah pada lahan sawah yang hanya ditanami padi saja, jagung saja, atau kedelai saja. Kelebihan pola tanam Monokultur  ini adalah untuk meningkatkan hasil pertanian karena pada suatu bidang lahan yang sama hanya di tanami tanaman sejenis saja sehingga produktivitas yang di hasilkan lebih banyak dan maksimal. 

Namun kekurangan pola tanam monokultur adalah dapat menyebabkan terbentuknya lingkungan pertanian yang tidakmantap karena hanya terdiri satu jenis tanaman saja dalam suatu bidang atau lahan pertanian. Fakta yang lain adalah pada  tanah pertanian harus diolah, dipupuk dan disemprot dengan insektisida. Jika tidak, tanaman pertanian mudah terserang hama dan penyakit. Jika tanaman pertanian terserang hama, maka dalam waktu cepat hama itu akan menyerang wilayah yang luas, sehingga dalam hal ini petani tidak dapat panen dan memanen hasil pertanianya dikarenakan tanamannya terserang hama semua. Kelebihan sistem pola tanam ini adalah teknis budidayanya yang  relatif mudah karena tanaman yang ditanam maupun yang dipelihara hanya satu jenis. Namun di sisi lain, kelemahan sistem pola  ini adalah tanaman relative mudah terserang hama maupun penyakit.
Pola tanam kedua yang akan saya jelaskan adalah pola tanam Polikultur.

Apa yang di maksud dengan pola tanam polikultur? Dalam kaitanya dengan segi agronomi, Polikultur berasal dari kata poli yang artinya banyak dan kultur artinya budaya. Sehingga pengertian pola tanam Polikultur di sini adalah sistem pola tanam dalam pertanian dengan menanam banyak jenis tanaman  pada satu bidang lahan yang terusun dan terencana dengan menerapkan aspek lingkungan yang lebih baik.
Keuntungan pola tanam polikultur adalah sebagai berikut :
a.       Dapat mengurangi serangan organisme pengganggu tanaman (pemantauan populasi hama), karena tanaman yang satu dapat mengurangi serangan organisme pengganggu tanaman lainnya. Misalnya bawang daun dapat mengusir hama aphids dan ulat pada tanaman kubis karena mengeluarkan bau allicin,
b.      Mampu menambah kesuburan tanah. Hal ini dapat di lakukan dengan menanam tanaman dari family leguminosa atau sejenis kacang-kacangan- yang memiliki kandungan unsur N (nitrogen) dalam tanah karena adanya bakteri Rhizobium yang terdapat dalam bintil akar. Dengan menanam yang mempunyai perakaran berbeda, misalnya tanaman berakar dangkal ditanam berdampingan dengan tanaman berakardalam, tanah disekitarnya akan lebih gembur.
c.       Siklus hidup hama atau penyakit dapat terputus, karena sistem ini dibarengi dengan rotasi tanaman sehingga  dapat memutus siklus organism pengganggu tanaman,
d.      Salah satu keuntungan yang lain dari pola tanam polikultur ini adalah memperoleh hasil panen yang beragam. Penanaman lebih dari satu jenis tanaman akan menghasilkan panen yang beragam. Ini menguntungkan karena bila harga salah satu komoditas rendah, dapat ditutup oleh harga komoditas lainnya.
Namun segala sesuatu di dunia ini tidaklah ada yang sempurna, semua itu pasti memiliki plus minusnya sendiri, yang terpenting di sini adalah bagaimana kita mampu meminimalisir sisi negative itu dan mampu memaksimalkan sisi positifinya. Dalam sistem pola tanam budidaya pertanian pun pasti memiliki kekurangan dan kelebihanya tersendiri, karena masing masing saling melengkapi dan menuitupi. Okeh silahkan di simak kekurangan sistem pola tanam polikultur.
Kekurangan sistem pola tanam polikultur adalah sebagai berikut :

a. Terjadinya persaingan dalam mendapatkan dan menggunakan unsur hara antar tanaman dalam tanah,
b. Organisme pengganggu tanaman banyak, sehingga sulit dalam pengendaliannya dan memerlukan biaya yang lebih mahal.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN
Judul: Macam dan Jenis jenis sistem pola tanam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga tulisan ini bermanfaat kawan. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://azizyoungfarmer.blogspot.com/2013/05/macam-dan-jenis-jenis-sistem-pola-tanam.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Visited

Copyright © 2013 Aziz young farmer ( Muhammad Aziz Muslim ) Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed. Diberdayakan oleh Blogger.