Menulis itu something

Posted by Unknown Jumat, 05 April 2013 0 komentar

           Menulis itu memang sesuatu banget buat kita, mengapa menulis itu sesuatu banget? karna menulis tidaklah mudah dan tidaklah susah, mau di bilang susah memang agak susah, namun di bilang mudah juga tidaklah mudah. Ini lah yang membaut aktivitas menulis ini sebagai something bagi kita yang hendak menulis.
            Hmmm.. Aku mau menulis? Tapi menulis apa ya?  Wah bingung banget ini? Mulainya dari mana ya? Terus kata pertama yang  di gunakan apa ya? Waduuhh kok jadi galau begini sih. Ya udah ngga jadi nulis aja deh. Haha

            Memang pada dasarnya menulis itu tidaklah mudah, menulis pun membutuhkan ketekunan dan latihan. Menulis tanpa berlatih pun rasa rasanya percuma, teori pun tak mampu mengubah kita yag ingin pandai menulis menjadi lihai menulis ketika kita hanya berpaku pada teori teori belaka. Menulis itu butuh action, dan action sering kali membutuhkan ketekunan agar action yang kita lakukan  bergerak menuju perubahan yang  signifikan."
            Sering kali pertanyaan pertanyaan dan kebingunan di atas membuat seseorang yang ingin menulis menjadi bisu kata kata dan pincang untuk menggoreskan penanya. Itu semua karna kebanyakan dari kita tak mengerti bagaimana memulai dan membuat karya tulisan.
            Belajar tak perlu dari hal yang besar, kita bisa belajar menulis dari hal yang kecil, seperti menuliskan daily activity kita, menulis tentang apa yang ada di benak kita sekarang, bahkan lebih bagus lagi jika kita mampu membuat suatu tulisan argumentasi dengan di buktikan data data yang kuat dan valid. Itu sugguh pencapaian yang luar biasa. Hehe
            Menulis juga harus di barengi dengan tingkat frekuensi yang tinggi dalam membaca, karna menulis tanpa di awali dengan membaca nampaknnya dalah suatu hal yang mustahil, kita menulis karna kita membaca, dan hasil pengetahuan maupun pengalaman dari membaca kita tuangkan ke dalam sebuah karya yang berbentuk tulisan bisa berupa sebuah opini atau respon terhadap suatu isu yang sedang booming maupun tulisan tulisan yang sifatnya informatif. Di dalam tulisan ini pun akan termuat ide atau gagasan kita terhadap bacaan yang telah kita baca. Karna pada dasarnya menulis merupakkan suatu aktivitas atau kegiatan menuangkan ide atau gagasan kedalam bentuk tulisan secara sistematis dan terarah.
            Yap,. Menulis itu harus sistematis. Sistematis disini mempunyai arti bahwa dalam membuat suatu tulisan harus di susun secara sistematis dan terarah. Bukan bentuk tulisan yang ngalor ngidul ngga jelas. Sehingga ketika nanti tulisan kita di baca seseorang pun akan terlihat enak untuk di baca dan tidak menimbulkan menafsiran ganda atau ambigu akibat tulisan yang kita buat kurang sistematis dan terarah.
              Begitulah kira kira pengalaman belajar saya dalam hal tulis menulis yang saya dapatkan dari anak anak Persma di kampus sehingga uneg uneg yang sebelumnya mengganjal di perut akhirnya mampu saya transformasikan dalam bentuk tulisan kecil nan sederhana ini. Hehe

           Semoga tulisan sederhanaku ini mampu menjadikan aktivitas menulis sebagai suatu gaya hidup dan  mengawali proses belajar saya dalam dunia tulis menulis. Meskipun kecil, sederhana dan jelek, namun jika di lakukan secara kontinue saya percaya insya’allah bendera kebanggaan itu akan berkibar di puncak nanti.
Salam,…..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN
Judul: Menulis itu something
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga tulisan ini bermanfaat kawan. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://azizyoungfarmer.blogspot.com/2013/04/menulis-itu-something.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Visited

Copyright © 2013 Aziz young farmer ( Muhammad Aziz Muslim ) Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed. Diberdayakan oleh Blogger.